JIP NEWS: Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HMPS PGSD) Universitas Mataram menyelenggarakan Webinar PPG Prajabatan dengan tema "PPG Prajabatan Sukseskan Guru Masa Depan". Dan diadakan pada hari Minggu, 27 Maret 2023. Pembukaan pendaftaran telah dilakukan sebanyak 2 gelombang. Gelombang pertama dibuka dari tanggal 10 Maret - 16 Maret dan gelombang kedua dibuka dari tanggal 17 Maret - 24 Maret. 
Pada hari pelaksanaan Webinar, turut hadir pula para Peserta (Mahasiswa dan Ibu/Bapak Guru), Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram (Muhammad Tahir, S.Pd., M.Sn) serta Pembina HMPS PGSD (Ilham Handika, M.Pd).

Kegiatan Webinar ini merupakan salah satu dari Program Kerja yang dimiliki oleh bidang Pendidikan dan Penalaran pada HMPS PGSD 2023. Adapun dalam webinar PPG Prajabatan ini membahas mengenai:
1. Pengenalan secara umum (Prajab dan Daljab)
2. Tahapan masuk PPG Prajabatan
3. Biodata dan berkas-berkas yang dibutuhkan
4. Cara mengisi Essay
5. Proses perkuliahan PPG Prajabatan. 

Webinar PPG Prajabatan dimulai pada pukul 09.30 WITA. Webinar PPG prajabatan ini diawali dengan sambutan oleh Ketua Umum HMPS PGSD 2023 yaitu Alfi Sandi Kususma, Ketua Panitia yaitu Rohikal Maktum, dan dibuka secara resmi oleh Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan yaitu Bapak Muhammad Tahir, S.Pd., M.Sn. Dilanjutkan dengan Kalam Ilahi, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Berdoa bersama. Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para pemateri yaitu Bapak Hendri Saputra, S.Pd sebagai pemateri pertama dan Ibu Salma Firdaus, S.Pd sebagai pemateri terakhir. Setelah penyampaian materi selesai, diadakan sesi tanya jawab selama 30 menit, pada sesi ini peserta yang hadir memberikan antusias yang tinggi dengan pertanyaan-pertanyaannya. 

Acara Webinar ditutup pada pukul 12.30 WITA oleh MC dan tidak lupa dilakukan sesi foto bersama-bersama untuk mengabadikan acara Webinar PPG Prajabatan ini.