Dekan FKIP Universitas Mataram: Drs. Lalu Zulkifli, M.Si., Ph.D., memberikan sambutan untuk para Yudisiawan dan Yudisiawati.

Mataram, 28 Juli 2023 – Yudisium FKIP Universitas Mataram Periode Juli 2023 telah digelar. Acara bersejarah ini berlangsung pada hari Jumat, 28(7) di Ruang Sidang III Gedung A FKIP Universitas Mataram. Yudisium ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Dekan FKIP, Drs. Lalu Zulkifli, M.Si., Ph.D., Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Saprizal Hadisaputra, M.Sc., Wakil Dekan Bagian Umum dan Keuangan, Dr. Santi Farmasari, M. TESOL., dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Muh. Makhrus, M.Pd.

Acara yudisium FKIP Universitas Mataram periode Juli 2023 diawali dengan lantunan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" dan Mars FKIP UNRAM. Selanjutnya, Dr. Saprizal Hadisaputra, M.Sc. membacakan Surat Keputusan Dekan tentang yudisium periode bulan Juli Tahun 2023 dan lulusan pascasarjana S2, yang diikuti oleh pembacaan nama-nama lulusan sarjana S1 dari masing-masing jurusan oleh ketua jurusan atau sekretaris jurusan yang mewaliki, dengan urutan Kajur Bahasa dan Seni, Kajur MIPA, Kajur Ilmu Pendidikan, dan Kajur IPS. Total peserta yudisium pada periode ini sebanyak 206 lulusan, terdiri dari 20 lulusan Pascasarjana S2 dan 186 lulusan Sarjana S1.

Dalam yudisium ini, FKIP Universitas Mataram dengan bangga meluluskan 29 orang mahasiswa dengan predikat Cum Laude. Predikat kehormatan ini diberikan kepada mahasiswa-mahasiswa berprestasi yang telah menunjukkan kualitas akademik yang luar biasa. Dari 29 lulusan Cum Laude, terdapat 1 lulusan program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris, 2 lulusan dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 lulusan dari Prodi Pendidikan Biologi, 1 lulusan dari Prodi Pendidikan Fisika, 5 lulusan dari Prodi Pendidikan Kimia, 2 lulusan dari Prodi PPKn, dan 15 lulusan dari Prodi PGSD. Meskipun masih banyak mahasiswa yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,51, namun tidak semua dapat dinyatakan sebagai lulusan Cum Laude karena tidak memenuhi seluruh kriteria yang ditetapkan.

Rahmat Hidayat dari Prodi PGSD berhasil meraih IPK tertinggi pada yudisium kali ini, yaitu 3,93, dan berhak atas gelar sarjana dengan predikat Cum Laude. Prestasi luar biasa yang diraih oleh Rahmat menjadi bukti komitmen FKIP Universitas Mataram dalam menghasilkan lulusan berkualitas yang siap berkontribusi di berbagai bidang.

Dalam sambutannya, Dekan FKIP Universitas Mataram, Drs. Lalu Zulkifli, M.Si., Ph.D., mengucapkan selamat kepada seluruh lulusan yang telah menyelesaikan studi mereka. Beliau memberikan pesan bahwa sukses dimulai dari diri sendiri dan mengingatkan para lulusan untuk tetap terhubung dengan kampus melalui tracer study, karena kontribusi mereka akan sangat berarti dalam meningkatkan layanan FKIP UNRAM.

Pesan dan kesan dari perwakilan mahasiswa disampaikan oleh Rahmat Hidayat, peraih IPK tertinggi dan lulusan Cum Laude dari Prodi PGSD. Dalam pesannya, Rahmat menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah berjasa mengantarkan mereka hingga meraih gelar sarjana. Ia juga memohon maaf jika ada kesalahan selama berkuliah dan berbagi kunci sukses, yaitu keseimbangan antara doa, ikhtiar, dan istighfar.

Doa dan penutupan acara dihadirkan oleh Dr. Baharudin, M.Hum., yang mengakhiri acara yudisium FKIP Universitas Mataram periode Juli 2023 dengan harapan agar para lulusan menjadi pribadi yang sukses dan bermanfaat bagi masyarakat.

Selamat kepada seluruh lulusan FKIP Universitas Mataram periode Juli 2023. Semoga keberhasilan dan ilmu yang telah diperoleh dapat diimplementasikan dengan baik dalam membawa perubahan positif untuk bangsa dan negara.