Webinar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Tema: "Implementasi Kurikulum Merdeka di Pendidikan Dasar" 

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Mataram menyelenggarakan Webinar Nasional pada Kamis, 16 November 2023 bertempat di Aula Lantai 3 Gedung A FKIP UNRAM. Webinar ini mengangkat tema “Implementasi Kurikulum Merdeka di Pendidikan Dasar”. Topik yang dibahas adalah strategi/dukungan Kemendikbudristek serta arah dan kebijakan implementasi kurikulum merdeka di pendidikan dasar.

Webinar ini menghadirkan 3 (tiga) orang narasumber yang terdiri dari Yuda Purwaka, S.Pd., M.Or (BPMP Provinsi NTB), Dr. Nurdiansyah, M.Pd (Universitas Pendidikan Indonesia), dan Samsul Fahrozi, S.Pd (Kepala SDN 23 Ampenan)

Acara ini dihadiri oleh 100 peserta online dan 50 peserta yang hadir secara tatap muka dari kalangan dosen dan mahasiswa. Peserta antusias dan penuh semangat mengikuti presentasi yang informatif dari para narasumber. Yuda Purwaka, S.Pd., M.Or, memberikan wawasan mendalam tentang strategi/dukungan Kemendikbudristek dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di secara mandiri. Dr. Nurdiansyah, M.Pd, dari Universitas Pendidikan Indonesia, membahas arah dan kebijakan dalam implementasi kurikulum merdeka di pendidikan dasar. Sementara itu, Samsul Fahrozi, S.Pd, Kepala SDN 23 Ampenan, memberikan perspektif praktis dari lapangan, berbagi pengalaman sukses dalam mengimplementasikan kurikulum yang memberikan keleluasaan kepada sekolah dan guru.

Diskusi panel yang diselenggarakan setelah presentasi memberikan kesempatan kepada peserta untuk berbagi pandangan, bertanya, dan mendiskusikan berbagai aspek yang berkaitan dengan implementasi Kurikulum Merdeka. Pertukaran gagasan ini menciptakan suasana yang interaktif di antara para peserta. 
Webinar ini menjadi langkah awal yang sangat positif dalam membahas langkah-langkah konkrit untuk mewujudkan visi Kurikulum Merdeka di Pendidikan Dasar. Melalui kolaborasi dan diskusi yang berkelanjutan, diharapkan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih dinamis, relevan, dan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Mari bersama-sama berkontribusi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.